jangan di klik

Metode Pembelajaran

Pada awalnya komputer digunakan hanya sebagai alat untuk menghitung. Lalu para peneliti melihat adanya kebutuhan komputer untuk pembelajaran. Akhirnya diadakan penelitian yang berfokus pada komputer untuk pendidikan. Dalam perkembangannya komputerlah yang paling populer dipakai sebagai alat bantu pembelajaran secara elektronik. Karena itu dikenal dengan istilah CBL (Computer Based Learning) atau dalam bahasa Indonesia disebut sebagai pembelajaran berbasis komputer. Saat pertama kali komputer mulai diperkenalkan khususnya pada pembelajaran, maka ia akan menjadi dikenal atau populer di kalangan siswa karena berbagai variasi teknik mengajar yang bisa dibuat dengan bantuan komputer tersebut. Dalam CBL dikenal 5 (lima) istilah dalam penggunaan komputer untuk pendidikan yaitu :
  1. CAI (computer assisted instruction) atau pembelajaran dengan bantuan komputer.
  2. CBI (computer based instruction) atau program pembelajaran yang menggunakan komputer.
  3. CBL  (computer based learning) atau pembelajaran yang sepenuhnya menggunakan komputer.
  4. CBE (computer based education) atau komputer sebagai alat bantu dalam pendidikan.
  5. CAL (computer assisted learning) atau pembelajaran yang menggunakan alat bantu utama komputer..
Perbedaan dan persamaan kelima istilah tersebut adalah sebagai berikut:
  1. CAI : komputer digunakan untuk membantu proses pembelajaran dalam menyampaikan materi yang sudah diprogramkan. Di CAI peran guru tidak semuanya dihilangkan dan komputer hanya berperan sebagai pendamping guru dalam menyampaikan materi.
  2. CBI : pembelajaran terprogram yang menggunakan komputer sebagai alat bantu utama untuk mengkomunikasikan materi kepada siswa, komputer menjadi pusat pembelajaran (center of learning) dimana siswa berperan lebih aktif dalam mempelajari suatu materi dengan media utama komputer. Siswa belajar secara mandiri tanpa bantuan peran guru.
  3. CBL : pembelajaran yang sepenuhnya menggunakan komputer, siswa berhadapan dan berinteraksi secara langsung dengan komputer. Interaksi antara komputer dengan siswa ini terjadi secara individual dan belajar secara mandiri tanpa bantuan guru.
  4. CBE : Bersifat menyeluruh, semua aplikasi komputer dalam pendidikan dapatyang digunakan untuk menunjang kegiatan pendidikan seperti : mengolah data, mencatat kehadiran pengajar dan siswa, menyimpan arsip data pribadi, dan lain-lain. Aplikasi-aplikasi pada CBE buakn digunakan untuk menunjang kegiatan pembelajaran.
  5. CAL : Pembelajaran yang melibatkan penggunaan komputer untuk mempresentasikan materi belajar, tutorial dan umpan balik kemajuan belajar siswa.
Maka dalam topik ini istilah yang tepat digunakan ialah CBL (Computer Based Learning) yang mana segala jenis belajar siswa yang berhubungan dengan belajar. Karena kata “learning’ disini dianggap masih sebaga istialh yang umum karena istilah kata ‘learning” itu sendiri secara alamiah mencakup situasi dimana komputer digunakan sebagai alat pembelajaran, tetapi tidak untuk menyampaikan informasi atau mengajar siswa.
Tahap-tahap penelitian dalam CBL
Adapun tahap-tahap yang dilakukan dsalam penelitian CBL tentunya mempunyai tahap-tahap yang dilakukan untuk menemukan masalah serta hasilnya. Berikut adalah tahap-tahap penelitian pada CBL :
  1. Pertama  penggunaan komputer dalam pendidikan adalah untuk latihan dan praktek dalam aritmatika dan membaca.
  2. Kedua penggunaan komputer dapat digunakan sebagai guru, sebagai alat. Di sini, peran "tradisional" komputer dalam pendidikan dibalik.  Dalam rangka untuk mengajarkan komputer, siswa harus belajar dan mengerti bahasa komputer, dengan demikian para siswa harus dapat bekerja dengan bahasa pemrograman.
  3. Ketiga memberikan arah pada guru tentang di mana dan bagaimana menggunakan komputer dalam pembelajaran.
  4. Keempat perangkat lunak pendidikan akan menampilkan peningkatan kognisi yang memungkinkan manusia untuk memperpanjang/mempertajam kemampuan kognitif mereka melalui aplikasi komputer.
Dari tahap-tahap yang ada diatas maka didapatkan masalah dan hasil penelitian, beserta nama-nama peneliti yang meneliti tentang CBL,dan kelemahan penelitian akan dibahas seperti berikut ini :
Penelitian awal tentang komputer di sekolah-sekolah yang menggunakan replikasi mengalami kesalahan terhadap studi perbandingan media sebelumnya (Clark, 1985). Studi cenderung hanya berfokus pada "komputer" sebagai variabel bebas dan dengan demikian komputer itu sendiri diasumsikan dapat mempengaruhi proses belajar. Selain itu, variabel terikat bagi banyak studi ini tidak memadai. Seperti studi perbandingan media, penelitian awal cenderung menggunakan pencapaian tradisional sebagai ukuran hasil. Kurangnya instrumen merupakan masalah yang serius bagi para peneliti di lapangan, dan banyak studi yang gagal karena ukuran variabel terikat yang tidak semestinya. Namun ada beberapa peneliti yang meneliti bagian ini sehingga mendapatkan ukuran hasil yang lebih tepat. (Haechan & Baker, 1989; Rebok, 1989; Shoenfeld, 1985).
Selain masalah dengan variabel bebas dan terikat, banyak pekerjaan penelitian di bidang CBL, sama seperti  penelitian dengan media lain, telah dikritik karena masalah desainnya. Dalam banyak penelitian tidak ada pengawasan yang baik untuk konten kurikulum atau metode pengajaran.  Selain itu, bukti menunjukkan dari penelitian bahwa efek baru dapat menjelaskan banyak hasil yang mendukung komputer dalam penelitian ini (Clark & ​​Salomon, 1986; Clark, 1990). 
Kulik melengkapi tiga hal besar dalam studi meta analisis, satu studi memeriksa efek dari belajar berbasis komputer terhadap murid sekolah dasar, satu lagi terhadap murid sekolah menengah dan yang terakhir terhadap mahasiswa. Meta analisis yang dilakukan Kulik pada level sekolah dasar mengungkapkan adanya peningkatan dalam prestasi siswa dengan ukuran efek standar deviasi .47. Kulik, Bangert dan Williams (1983) menganalisis 51 studi dari CBE yang dilaksanakan dalam tingkat 6-12. Secara keseluruhan, mereka menemukan bahwa CBE meningkatkan nilai ujian siswa dengan standar deviasi .32 dan juga memiliki efek positif dalam membentuk sikap siswa dan dalam jumlah waktu yang diperlukan dalam pembelajaran. Kulik menyimpulkan bahwa pendekatan komputer merupakan cara paling efektif untuk siswa sekolah dasar dan paling tidak efektif untuk mahasiswa.
Kesimpulan Kulik yang paling familiar adalah bahwa pendekatan pembelajaran berbasis komputer dapat meningkatkan prestasi siswa, menghemat waktu siswa dan guru, selain itu juga meningkatkan tingkah laku siswa ke arah yang lebih baik terhadap sekolah dan pada pelajaran tertentu. Karyanya telah sering dikutip sebagai bukti bahwa pendekatan pembelajaran berbasis komputer efektif untuk digunakan. Namun metodologinya telah menerima kritik keras dari banyak orang. Perhatian besar adalah fakta bahwa persentase yang tinggi dari penelitian yang termasuk dalam ulasan yang dilakukan adalah penelitian tentang meluasnya penggunaan mikrokomputer di sekolah. Banyak orang menyarankan bahwa studi yang dilakukan dengan menggunakan mainframe komputer yang penerapannya masih dipertanyakan untuk situasi saat ini.
Penelitian tentang pembelajaran berbasis komputer, yang diteliti oleh MD Robyler. Studi penelitian memberikan informasi yang berguna tentang prosedur dan hasil penelitian. Robyler menjelaskan pada hasil di bidang sikap, konten, jenis aplikasi, tingkat kelas dan jenis siswa. Robyler mengkonfirmasi laporan sebelumnya bahwa aplikasi komputer lebih efektif untuk mengajar matematika daripada membaca dan keterampilan berbahasa. Robyler juga mencatat bahwa penggunaan aplikasi komputer untuk mengajarkan keterampilan kognitif (pemecahan masalah, berpikir kritis) menghasilkan efek yang sama seperti untuk membaca dan matematika.
Robyler menemukan bahwa efek dari penggunaan komputer yang tertinggi berada pada tingkat perguruan tinggi dan terendah pada tingkat sekolah menengah. Dia menyarankan bahwa aplikasi komputer dapat efektif pada tingkat yang lebih tinggi (perguruan tinggi), dan bahwa mungkin CBL mungkin paling efektif pada tingkat ini. Robyler menemukan kecenderungan, yang telah dilaporkan sebelumnya, dalam penggunaan komputer agar lebih efektif bila digunakan oleh siswa dengan prestasi rendah. Dia menyatakan bahwa, "Perlu dicatat dalam ringkasan tersebut, sebab dalam ringkasan tinjauan sebelumnya menerangkan bahwa perangkat lunak terutama yang dirancang untuk peserta didik yang lambat dalam memahami pelajaran mungkin lebih efektif dengan mereka daripada perangkat lunak yang dirancang untuk masyarakat umum "(Robyler, hal. 123). Dia menemukan perbedaan dalam efek terhadap pria dan wanita, meski penelitian ini buktinya belum meyakinkan, tapi sangat disarankan bahwa ini adalah bidang yang membutuhkan penelitian lebih lanjut.
Meskipun informasi dari tinjauan tentang penelitian dalam pembelajaran berbasis komputer memberikan masukan yang berharga, kecenderungan untuk meneliti dalam studi perbandingan media harus dipertanyakan. Secara jelas, studi yang berfokus pada efek dari atribut tertentu dan penggunaan komputer pada hasil belajar tertentu adalah sulit untuk digabungkan dan dianalisis. Hal ini perlu dicatat bahwa sebagian besar variabel terikat kognitif dalam studi termasuk dalam penelitian yang menggunakan langkah-langkah pencapaian standar. Sebuah deskripsi singkat dari beberapa contoh  yang baik dalam bidang pembelajaran berbasis komputer berikut; studi ini dimaksudkan sebagai model untuk pekerjaan masa depan dalam kajian ini.
Pada tahun 1983 Becker melaporkan dalam penelitiannya bahwa siswa menggunakan komputer untuk latihan dan praktek, dasar pemrograman, serta bermain game. Mereka menghabiskan waktu sangat sedikit dengan peralatan terbatas yang tersedia. Dia juga menyatakan siswa lebih banyak belajar tentang perangkat keras dan lunak daripada materi yang terkait dengan konten. Lalu pada atahun 1985 Becker melaporkan hasilnya yaitu bahwa guru jarang menggunakan komputer sebagai alat dalam menyajikan pembelajaran atau  praktek kepada siswa pada mata pelajaran tradisional. Namun, komputer hanya digunakan dalam mempelajari komputer dan menghitung.
Memperhatikan hasil-hasil penelitian terdahulu, dibawah ini merupakan saran untuk penelitian lebih lanjut :
Robyler menyarankan bahwa kedepannya penelitian dalam pembelajaran berbasis komputer harus berkonsentrasi pada:
• Aplikasi dalam berbagai keterampilan dan konten wilayah.
• Aplikasi komputer dalam bahasa Inggris sebagai bahasa kedua (ESL).
• Menggunakan pengolah kata.
• Kreativitas dan pemecahan masalah dengan Logo dan CAI.
• Efek dari penggunaan komputer pada sikap dan tingkat drop-out.
• Perbedaan efek dari penggunaan komputer pada pria dan wanita.
Palumbo menyarankan bahwa penelitian kedepannya harus fokus pada anak usia sekolah yang tinggi, karena kesiapan anak muda untuk belajar bahasa pemrograman dipertanyakan, dan studi dari siswa usia perguruan tinggi telah menghasilkan beberapa hasil yang positif. 

Hasil penelitian Lehrer mengusulkan perlunya penelitian lebih lanjut untuk memeriksa pemecahan masalah yang mungkin dan hasil metakognitif dari kerja komputer dengan bahasa pemrograman atau lingkungan pemecahan masalah lainnya. Temuannya dalam wilayah perencanaan dan belajar geometri menyarankan suatu jalan yang bermanfaat untuk pekerjaan yang lebih lanjut. Studi Lehrer mencontohkan pilihan yang tepat dari kedua variabel independen dan dependen. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah komputer berbasis strategi pemecahan masalah dan variabel dependen (terikat) adalah semua langkah-langkah yang dibangun dengan hati-hati atau dipilih terlebih dahulu untuk mengukur hasil kognitif yang sesuai.
 
 

0 komentar:

Posting Komentar

\

About

Introduction

-

Harry Potter Chibi Harry Potter 2
Diberdayakan oleh Blogger.

Search

comments